Memilih Rias Pengantin dan Make Up Artis Kota Bali Yang Perlu Diketahui

Memilih Rias Pengantin dan Make Up Artis Kota Bali – Pernikahan menjadi salah satu momen  yang  paling penting untuk  setiap pasangan,  di mana ikatan yang sudah terjalin sebelumnya kemudian diresmikan baik secara sekala maupun niskala. Oleh karena itu, tampil sempurna pada hari yang sangat istimewa dan tentunya hari bersejarah  tersebut merupakan sebuah kewajiban untuk setiap pasangan khususnya di Kota Bali. Para pengantin Bali akan memakai payas agung pengantin Bali seperti rias Pengantin Bali serta busana pernikahan tradisional khas Bali. Pemakaian  rias pengantin Bali Agung itu sendiri sekarang ini juga menjadi salah satu bentuk upaya pelestarian budaya luhur kota Bali yang mulai ditinggalkan serta banyak digantikan dengan riasan pengantin Bali yang modern.

 

Pada masa sekarang ini banyak terdapat  orang sudah memodifikasi Rias Bali Agung dengan berbagai macam aksesoris yang tentunya ngetren pada saat ini. Pada rias pengantin Bali Agung untuk pengantin laki-laki mengenakan badong dileher dan juga gelang kana di lengan. Karna adanya pengaruh perkembangan zaman, rias pengantin Agung sekarang ini kebanyakan telah mengalami perubahan yang lebih modern. Rias pengantin Bali Agung ini tidaklah sama dengan pakaian pengantin Bali yang sudah dimodifikasi. Riasan serta pakaian pengatin yang dikenakan dalam Payas Agung lebih mempertimbangkan unsur budaya serta meneruskan kebudayaan dari para nenek moyang Bali dulu. Tata rias pengantin Bali Agung ini terlihat  jauh lebih sakral daripada rias pengantin Bali yang telah dimodifikasi. Selain itu, Payas Agung ini juga banyak dikait-kaitkan dengan upacara keagamaan sehingga pakaian serta unsur lain haruslah sesuai.  Riasan pengantin modifikasi sekarang ini juga sudah mulai banyak diminati oleh calon-calon  pengantin karena modelnya yang jauh lebih santai serta inovatif. Payas agung  untuk pengantin Bali ini merupakan riasan pengantin utama yang dipakai untuk acara puncak pernikahan. Hal ini sangat penting karena prosesi merias atau make-up pengantin Bali ini merupakan prosesi yang sangat sakral dalam Bali Agung.

 

Kekuatan yang menjadi ciri khas rias, make-up dan busana agung ini sangat kental dengan  busana khas dengan warna-warna yang cerah serta cenderung mencolok dari bahan Sesenteng, Sabuk prada dan berbagai perhiasan yang lain. Semua ini tentu juga tidak bisa terlepas dari warna  emas sebagai motif bunga. Kaintannya dengan make-up,  rias pengantin Bali ini sangat mencolok untuk bagian mata, sebagaimana yang kerap kita lihat pada pertunjukan tarian kecak dengan mata para penarinya yang berbinar-binar.

Ada tiga jenis busana dan tata Memilih Rias Pengantin dan Make Up Artis Kota Bali yang dikenal seperti nista, madya, dan utama atau yang bisa disebut dengan istilah payes agung. Untuk tata rias bagian wajah, tubuh dan kaki, tidak terdapat perbedaan yang menyolok. Sementara kaitannya dengan tata busana, perbedaan itu terdapat pada bahan yang dipakai. Untuk tingkatan yang  utama, seluruh busana terbuat dari bahan perada. Pengantin Bali dikenal sebagai pengantin yang paling eksotik. Dengan dandanan serta tata rias yang begitu mewah dan  penuh kesan. Untuk kelengkaan aksesorinya tidak bertambah namun kreasi desainnya yang terus berkembang. Pengguaan bahan dari perak, emas, perak dengan sepuhan emas atau perak yang dibakar bakar adalah kreasi bahan baku untuk aksesori rias pengantin kini.

 

Perhiasan yang biasa dikenakan oleh pasangan pengantin payes agunglah yang terlihat jelas perbedaanya dengan  tata rias, make-up dan busana tingkat nista ataupun madya. Perhiasan tingkatan ini ut merupakan tingkat utama yang  memperlihatkan suatu kekhususan.  Demikianlah artikel tentang Memilih Rias Pengantin dan Make Up Artis Kota Bali. Semoga dapat emberikan manfaat bagi pembaca.

 

 

Leave a Reply